26 Mar 2020

Wow IHSG Menguat Sampai 10%, Ada Apa Gerangan?

News 455 views
Jakarta - 

Ada yang mengejutkan di pasar modal Indonesia hari ini. Setelah berminggu-minggu merosot cukup dalam, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini ngamuk, bahkan menguat hingga 10%. Wow!

Hingga berita ini diturunkan IHSG tercatat berada di posisi 4.362. Di level itu IHSG tercatat naik 10,78% dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Menurut Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widito Widodo penguatan IHSG hari ini terkerek dari tren positif yang terjadi di bursa saham utama dunia. Penguatan bursa saham dunia terjadi saat pasar modal Indonesia libur Hari Raya Nyepi kemarin.

"Selama kita tutup kemarin, bursa-bursa utama dunia mencatatkan kenaikan tajam terutama di AS karena solusi pemberian insentif ekonominya sudah disetujui," tuturnya kepada awak media, Kamis (26/3/2020).

Kemarin Wall Street memang tercatat rebound. Ketika indeksnya mengalami peningkatan yang signifikan. Sementara selama ditutup variatif dengan kecenderungan menguat.

Penguatan bursa saham AS itu dipicu oleh keputusan pemerintahan Donald Trump yang sepakat menggelontorkan paket stimulus sebesar US$ 2 triliun atau setara dengan Rp 32.000 triliun (kurs Rp 16.000/per US$). Hal itu dilakukan untuk menggenjot perekonomian AS di tengah tekanan pandemi virus corona (COVID-19).

"Jadi kali ini IHSG juga mengikuti pola pergerakan Index dunia yang ada sekarang," tutupnya.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com