18 Mar 2020

Pasar Modal Anjlok, Pengusaha: Kepercayaan Pasar Dunia Goyah

News 452 views
Jakarta - 

Di tengah pandemi virus corona, pasar modal menjadi salah satu sektor yang terhantam habis-habisan. Akibat perekonomian yang goyah, banyak investor yang melakukan aksi jual.

Menurut Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani, saat ini kondisi seperti itu memang dirasakan di banyak negara. Dia mengatakan langkah Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) dalam memangkas suku bunga pun tidak memberikan sentimen positif ke pasar.

"Ya ini saya rasa terjadi di banyak negara ya walaupun The Fed potong rate sampe 100 basis poin kan. Diharapkan ada penguatan ke pasar modal mereka, tapi tetap percuma," kata Rosan dalam konferensi pers di Menara Kadin Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (17/3/2020).

Rosan menilai saat ini kepercayaan investor global memang sedang turun. Oleh karena itu, kebijakan apapun yang dilakukan percuma.

"Ternyata kalau faktor kepercayaan global market nggak ada, ya semua yang dilakukan percuma. Padahal itu kan kebijakan moneter di Amerika tapi nggak membantu juga, tetap pasar modal turun signifikan," ungkap Rosan.

"Kembali lagi, faktor kepercayaan pasar dunia sedang goyah," pungkasnya.

Pasar modal nasional juga ikut terdampak. Untuk kesekian kalinya, perdagangan saham disetop. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini turun 5%.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com