22 Jun 2020

Inflasi Rendah, Suku Bunga BI Bisa Turun Lagi

News 373 views

Jakarta - 

Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal masih memiliki ruang untuk kembali menurunkan suku bunga acuan 7 days repo rate. Meskipun BI bulan ini sudah kesekian kalinya menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis points (bps) ke posisi 4,25%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan penurunan suku bunga yang diambil BI kemarin diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi Indonesia yang sudah terbebani oleh pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Penurunan suku bunga ini kami harapkan bisa mendukung tidak hanya penyaluran kredit, perbaikan ekonomi dan pemulihan ekonomi," ujarnya dalam rapat dengan Komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Perry menambahkan, penurunan suku bunga sejalan dengan inflasi yang masih rendah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka inflasi per Mei 2020 berada di angka 0,07%, jika dilihat secara tahunan maka inflasi berada di level 2,19%. Inflasi yang sebesar 0,07% di Mei 2020 pun menjadi inflasi Lebaran yang paling rendah sejak 1978.

BI sendiri meyakini tren inflasi yang rendah masih akan terus berlanjut hingga akhir tahun. Meskipun salah satu penyebabnya lantaran daya beli masyarakat yang turun.

Berdasarkan hal itu, BI memberikan sinyal masih memiliki ruang untuk kembali menurunkan suku bunga acuannya di tahun ini.

"Kami melihat dengan berbagai perkembangan, ruang penurunan suku bunga masih berlanjut," tambahnya.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com