20 Jul 2020

IHSG Diproyeksi Kurang Bertenaga karena Fluktuasi Rupiah

News 411 views
Jakarta, CNN Indonesia -- 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melaju di zona merah pada perdagangan Senin (20/7). Hal ini dikarenakan nilai tukar rupiah yang bergerak fluktuatif pekan lalu.

Director Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan mayoritas investor asing juga masih melakukan transaksi jual. Dengan demikian, asing tercatat jual bersih (net sell) beberapa waktu terakhir.

Mengutip RTI Infokom, rupiah ditutup melemah 0,77 persen ke level Rp14.725 per dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan lalu. Jika dilihat dalam satu pekan terakhir, rupiah terkoreksi 2,08 persen.

Sementara, investor asing di seluruh pasar (all market) tercatat jual bersih (net sell) sebesar Rp400,68 miliar dan pasar reguler net sell Rp519,14 miliar pada Jumat lalu. Asing juga terlihat net sell sepanjang pekan lalu mencapai Rp1,13 triliun dan pasar reguler Rp1,18 triliun.

"Pergerakan IHSG terlihat masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. Hari ini IHSG berpotensi bergerak melemah," ungkap William dalam risetnya.

Ia bilang IHSG masih sulit menembus area 5.200. Diproyeksikan, indeks bergerak dalam rentang support 4.988 dan resistance 5.123.

Senada, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memprediksi IHSG bergerak di teritori negatif pada hari ini hingga empat hari ke depan. Menurutnya, indeks akan berada dalam rentang support 4.985-5.069 dan resistance 5.116-5.139 pada pekan ini.

"Pekan ini kami perkirakan IHSG berpeluang konsolidasi melemah," ucap Hans dalam risetnya.

"Pasar saham masih akan dipengaruhi peningkatan kasus infeksi virus corona di berbagai negara bagian AS, potensi semi-lockdown, dan penundaan pembukaan ekonomi," terang Hans.

Hans menjelaskan terdapat beberapa sentimen negatif yang berasal dari eksternal. Salah satunya soal peningkatan kasus virus corona di dunia.

Selain itu, pelaku pasar juga menanti keputusan pemerintah AS terkait stimulus fiskal baru yang akan dikucurkan di tengah pandemi virus corona. Hal ini dibutuhkan untuk memompa perekonomian di AS.

Kemudian, memanasnya hubungan AS dan China juga masih menjadi sentimen negatif untuk pasar saham. Hubungan kedua negara kembali memburuk karena AS mempermasalahkan klaim kepemilikan China terhadap sumber daya di Laut China Selatan.

"Pembahasan stimulus baru di AS akan menjadi perhatian pelaku pasar menyusul berakhirnya beberapa stimulus fiskal di AS pada 31 Juli 2020," terang Hans.

Dari internal, Hans menambahkan pelaku pasar sedang menunggu laporan keuangan emiten periode kuartal II 2020. Jika mayoritas hasilnya negatif, maka pasar saham akan semakin melemah.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com