10 Sep 2024

IHSG Berpeluang Menguat Hari Ini

News 51 views

Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (10/9).
CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menilai di tengah minimnya sentimen domestik, IHSG masih akan bergerak dalam rentang konsolidasi wajar.

Indeks, menurut Yugen, terus berusaha untuk dapat bertahan sembari menanti rilis data kinerja emiten yang diperkirakan dapat kembali mendongkrak kenaikan.

"Diperkirakan di Oktober, peluang koreksi jika terjadi masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian terutama untuk saham saham berfundamental kuat dengan market kapitalisasi besar, hari ini IHSG berpotensi naik," ujar William dalam riset hariannya.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 7.606 dan resistance 7.767 hari ini.

Selanjutnya, William merekomendasikan sejumlah saham di antaranya ASII, TLKM, BBRI, ASRI, PWON, SMRA, KLBF, TBIG, BBCA, dan UNVR.

Sementara itu, Head of Customer Literation & Education Kiwoom Sekuritas Oktavianus Audi menilai pergerakan IHSG masih akan dibayangi oleh investor yang menunggu rilis data inflasi AS.

Pasalnya, hal itu akan menentukan sikap Bank Sentra AS The Federal Reserves (The Fed) ke depan.

"Kami perkirakan IHSG akan bergerak mixed cenderung melemah terbatas dalam rentang level support 7.647 dan resistance 7.765 dengan indikator MACD menunjukkan tren yang melandai," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Selain itu, Audi juga melihat pelemahan harga komoditas energi, seperti minyak mentah, semakin menunjukkan permintaan yang melemah dan ketidakpastian ekonomi yang meningkat. Hal-hal tersebut, menurut Audi, juga akan memengaruhi pergerakan IHSG.

IHSG ditutup di level 7.702 pada Senin (9/9) sore. Indeks saham melemah 19,1 poin atau minus 0,25 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,71 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,61 miliar saham.


Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com