25 Jun 2020

Himdasun: New Normal & New Spirit Pelaku Pasar Surat Utang

News 900 views
Jakarta, CNN Indonesia -- 

Perhimpunan Pedagang Surat Utang (Himdasun) menggelar webinar dengan topik 'Strategi Optimal Pengembangan Pasar SUN dalam Fase New Normal'. Diskusi tersebut diharapkan dapat menjadi ajang diskusi, memberikan insight, dan pengetahuan peserta tentang perkembangan proyeksi ekonomi Indonesia, khususnya di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Kegiatan yang digelar pada Rabu (24/6/2020) tersebut menghadirkan pembicara, antara lain Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Nanang Hendarsah, Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kementerian Keuangan Deni Ridwan, dan Chief Economist Trimegah Securities Fakhrul Fulvian.

Ketua Umum Himdasun Akhmad Fazri mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjadi asosiasi yang bermanfaat bagi para anggotanya, stakeholder, dan pasar modal Indonesia.

"Himdasun selaku asosiasi di pasar modal dan mitra regulator, akan terus berupaya memberikan kontribusi di pasar surat utang dan memberikan wadah rutin bagi para anggota selaku pelaku pasar untuk berdiskusi demi mendorong pendalaman dan pengembangan pasar surat utang," ujarnya dalam keterangan tertulis. 

Kata Fazri, adanya diskusi terbuka ini diharapkan dapat menjadi ajang rutin para pelaku pasar surat utang untuk bertukar pikiran dan memberikan kontribusi riil dalam pengembangan pasar demi menjaga stabilitas ekonomi Indonesia dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkesinambungan.

Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia, Nanang Hendarsah, secara fundamental masih ada room rupiah untuk menguat dikarenakan global liquidity ample dan imbal hasil obligasi Indonesia masih menarik.

"Volume transaksi Surat Berharga Negara di Pasar Sekunder relatif membaik, didukung oleh sentimen risk-on akibat fundamental domestik yang membaik dan adanya stimulus global dalam mengatasi dampak COVID-19," ujar Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menimpali.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com