08 Feb 2021

Survei BI, Keyakinan Konsumen ke Ekonomi RI Menurun

News 421 views
Jakarta, CNN Indonesia -- 

Survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan keyakinan konsumen di dalam negeri terhadap kondisi ekonomi memburuk pada Januari 2021 kemarin.

Itu tercermin dari  Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2021 yang sebesar 84,9.

Indeks itu lebih rendah dibandingkan Desember 2020 yang sebesar 96,5. Penurunan itu terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan mayoritas kelompok usia.

Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 14 kota cakupan survei, dengan penurunan terbesar di kota Surabaya, diikuti oleh Bandung dan Mataram.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan itu disebabkan penurunan harapan konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan yang akan datang.

"Perkembangan tersebut disebabkan oleh perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja, dan penghasilan ke depan yang tidak sekuat pada bulan sebelumnya," katanya seperti dikutip dari website BI Senin (8/2).

Meskipun menurun, BI menyatakan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap terjaga dan berada pada level optimis (indeks>100). Ekspektasi konsumen yang masih optimis ini diharapkan akan membaik ke depan sehingga mendukung perbaikan keyakinan konsumen.


Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com