16 Nov 2022

IHSG Diprediksi Loyo Hari Ini

News 42 views

Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Rabu (16/11).
Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menilai indeks akan melemah hingga menyentuh level support MA5 dan MA20.

"IHSG diprediksi melemah," kata Dennies seperti dikutip dari riset hariannya.

Dennies memprediksi candlestick akan membentuk higher high dan higher low serta indikator MACD yang bergerak ke arah distribusi.

Menurutnya, pergerakan investor dunia akan bergantung pada rilis data indeks harga produsen (PPI) di Amerika Serikat. Sementara di dalam negeri akan ditopang oleh nilai tukar rupiah yang menguat tipis.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG masih dalam rentang konsolidasi yang wajar. Menurutnya, peluang menguat masih terlihat dalam rentang jangka panjang.

"Perkembangan pergerakan IHSG terlihat masih akan berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan potensi tekanan minor untuk rentang jangka pendek, sedangkan peluang kenaikan masih terlihat dalam rentang jangka panjang," ujar William dikutip dari riset hariannya.

Selain itu, ia meyakinkan bahwa suntikan dana asing yang masuk ke pasar modal Indonesia juga masih menguat. Hal ini didasarkan pada catatan laporan kinerja emiten yang menunjukkan perbaikan.

Ia memperkirakan indeks saham akan bergerak dalam rentang support 6.945 dan resistance 7.141.

"Capital inflow masih terlihat masih terjadi ke dalam pasar modal Indonesia yang tercermin dari data year to date yang telah tercatat. Hal ini menunjukkan bahwa minat investasi ke dalam pasar modal Indonesia masih cukup besar ditambah dengan laporan kinerja emiten yang telah terlansir kembali menunjukkan perbaikan," papar William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan GGRM, ITMG, BBCA, BSDE, AKRA, BBNI, LSIP, KLBF.

IHSG ditutup di level 7.035 pada Selasa (15/11). Indeks saham menguat 16.108 poin atau plus 0,23 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp13,629 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 26,394 miliar saham. Pada penutupan kali ini, 255 saham menguat, 276 terkoreksi, dan 176 lainnya stagnan.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com