12 Oct 2016

8 Tips Mengatasi Masalah Keuangan

News 290 views
Masalah keuangan bukanlah masalah sepele yang harus diabaikan, melainkan masalah serius yang harus kita perbaiki. Untuk itu kita harus mengetahui apa saja solusi untuk memperbaiki masalah keuangan tersebut. Ada yang bilang masalah keuangan terjadi karena pendapatan yang kurang atau kecil. Tidak, masalah keuangan bukan terjadi karena hal tersebut, melainkan karena kemampuan mengelola keuangan yang salah,
yaitu pengeluaran lebih besar dari pemasukan yang anda dapatkan.

Namun jangan khawatir, masalah keuangan ini dapat kita atasi dengan mudah. Dengan cara berikut ini;

1. Cek kondisi keuangan
Dengan mengecek kondisi keuangan, maka Anda akan mengetahui apa masalah keuangan yang sedang dihadapi. Apakah masalah keuangan yang dihadapi karena banyaknya pengeluaran yang tidak perlu atau karena hutang yang menumpuk.

Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat menyelesaikannya dengan cara yang tepat. Kalau terlalu banyak pengeluaran yang tidak perlu, secara otomatis Anda harus mengurangi anggaran pengeluaran tersebut dan jika karena hutang, maka Anda harus melunasi hutang tersebut secepat mungkin agar bunganya tidak semakin menambah masalah.

2. Susun Anggaran
Jika sudah mengetahui masalah keuangan, langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah keuangan Anda adalah dengan menyusun anggaran pribadi. Anda bisa memulainya dengan membuat catatan susunan pemasukan dan pengeluaran.

Atau cara mudahnya adalah dengan menggunakan rumus berikut:
- 45% untuk biaya hidup
- 30% untuk cicilan
- 10% untuk investasi
- 10% untuk asuransi
- 5% untuk dana cadangan

3. Lunasi Hutang
Sebaiknya cicilan yang Anda ambil tidak melebihi 30% dari pendapatan Anda. Jika melebihi itu, dikhawatirkan Anda akan kesulitan untuk melunasi hutang-hutang tersebut dan semakin banyak bunga yang muncul dari cicilan tersebut. Akibatnya, masalah keuangan yang sedang terjadi semakin sulit untuk dihadapi.

4. Pilih Investasi yang tepat
Jika sudah melunasi hutang, cobalah untuk melakukan investasi. Investasi ada berbagai macam jenis seperti, saham, reksandana, obligasi atau investasi properti. Gunakan investasi sebagai senjata Anda untuk mengeruk keuntungan dikemudian hari.

5. Pilih Asuransi
Sebaiknya Anda menyiapkan sejak dini untuk proteksi diri dimasa yang akan datang, baik itu asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan. Memiliki asuransi akan sangat membantu dalam menjaga pengeluaran ketika Anda sakit, karena biaya pengeluaran ketika sakit saat ini dapat menguras kantong keuangan, apa lagi sampai dirawat di rumah sakit.

6. Memiliki dana cadangan
Sisihkan minimal 5% dari pendapatan untuk ditabung sebagai dana cadangan Anda. Dana cadangan adalah dana penting untuk menghadapi resiko yang tak terduga, seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kecelakaan. Dengan dana ini Anda tidak perlu sangat khawatir dengan keuangan Anda, karena setiap bulannya Anda selalu menyisihkannya untuk ditabung.

7. Ubah kebiasaan Buruk
Jika kondisi keuangan Anda belum membaik, sebaiknya anda harus merubah kebiasaan buruk dalam keuangan yang sudah lama kearah yang lebih positif. Mengubah kebiasaan buruk sama dengan mengubah gaya hidup Anda yang mungkin sudah lama telah menjerumuskan Anda kedalam masalah keuangan yang dialami.

8. Komitmen
Komitmen adalah janji pada diri sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan diri sendri. Untuk itu Anda harus berkomitmen teguh untuk tetap bertahan menjalankan gaya hidup yang baru. Jika Anda masih mudah tergoda dengan promo kartu kredit, maka jauhkanlah kartu kredit itu agar tidak terpancing dan tetap teguh dalam komitmen untuk mengatasi masalah keuangan yang dimiliki menjadi bermanfaat.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com