09 Nov 2016

7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Meminjam Uang di Bank

News 552 views
Setiap orang selalu memiliki kebutuhan. Kadangkala kebutuhan tidak dapat dipenuhi dengan segera. Banyaknya kebutuhan membuatmu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Jika tidak dapat membedakan dengan baik maka jangan salahkan jika akhirnya pendapatan kamu tidak pernah cukup. Nah, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan adalah dengan cara berhutang, dan dengan konsekuensi kamu mengangsurnya setiap bulan.

Meskipun terlihat sepele, ternyata memilih meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan harus diperhatikan sebaik mungkin. Ladies, berikut adalah cara untuk berhutang dengan baik, simak penjelasannya di bawah ini

Jangan Lupa Survey
Sebelum memutuskan lembaga untuk meminjam uang, sebaiknya survey dulu tentang kredibilitas lembaga keuangan yang akan kamu pilih. Jangan sampai kamu salah mengambil keputusan. Pilih  lembaga keuangan yang dijamin pemerintah karena akan menjamin transaksi keuangan kamu.

Perhitungkan Bunga Pinjaman
Setiap pinjaman uang dari lembaga keuangan selalu ada jasa yang harus diberikan. Meskipun bunga pinjaman sudah diatur oleh pemerintah, ada baiknya kamu menghitung dana yang harus kamu kembalikan beserta bunganya. Tentu kamu tidak ingin salah perhitungan bukan? Dan menyebabkan kamu terlibat masalah di masa depan.

Tentukan Jangka Waktu
Biasanya besarnya angsuran ditentukan juga dari jangka waktu pinjaman. Semakin panjang jangka waktu yang kamu pilih maka semakin kecil jumlah angsurannya. Perhitungkan lamanya pinjaman, agar kamu dapat memperhitungkan keuangan kamu di masa depan.

Pelajari Kebijakan Pinjaman
Sebelum menyetujui pinjaman, pelajari terlebih dahulu tentang kebijakan yang diberikan lembaga keuangan yang sudah kamu pilih. Pelajari tentang hak dan kewajiban kamu. Hal ini sangat penting agar kamu tidak terjebak dengan aturan yang diberikan lembaga keuangan. Meskipun kamu sedang membutuhkan dana bukan berarti kamu mengabaikan hal ini.

Rencana Pembayaran
Tentukan rencana pembayaran kamu. Bagaimana kamu akan membayar hutang. Tentukan rencana pendapatan yang akan kamu gunakan. Batas maksimal besarnya angsuran pinjaman adalah 30% dari jumlah pendapatan. Meminjam uang memang mudah, tapi kamu juga perlu mengatur keuangan kamu agar tidak ada masalah dengan rencana keuangan kamu di masa yang akan datang

Menekan Biaya Hidup
Saat meminjam uang maka kamu harus menyisihkan sebagai pendapatan kamu untuk mengangsur. Besarnya angsuran ini akan mempengaruhi pengeluaran kamu. Untuk itulah kamu perlu mengatur jumlah pengeluaran. Batasi pengeluaran yang tidak kamu butuhkan.

Hindari Kesalahan Klasik Soal Berhutang
Pinjam uang sesuai dengan kebutuhan dan batasi jumlahnya. Hal ini penting untuk menghindari masalah klasik soal meminjam uang. Pinjaman yang berlebih akan memberatkan kamu saat proses pengembalian.
Ladies, jika memang tidak terpaksa hindari untuk berhutang. Jika kebutuhan tersebut masih dapat ditunda maka gunakan jeda waktu untuk memenuhi kebutuhan kamu dengan menabung. Jangan menyelesaikan masalah dengan masalah yang baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com