20 Mar 2023

BI Kantongi Rp2,6 T dari Devisa Hasil Ekspor per 16 Maret 2023

News 175 views

Yogyakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) mengklaim telah berhasil mengumpulkan devisa hasil ekspor (DHE) US$173 juta atau setara Rp2,6 triliun (asumsi kurs Rp15.363 per dolar AS).
Direktur Departemen Pengelolaan Moneter BI Ramdan DennyPrakoso mengatakan angka tersebut diperoleh dari sejak 1 Maret 2023 atau usai lembaganya menerapkan kewajiban penempatan devisa hasil ekspor di dalam negeri, sampai dengan 16 Maret.

Dengan kata lain, DHE itu terkumpul baru sekitar dua pekan dari pemberlakuan kebijakan parkir DHE tahun ini. Ia mengatakan DHE dalam bentuk term deposit valuta asing (TD Valas) itu baru dikumpulkan dari 9 eksportir yang bergerak di sektor pertambangan dan perkebunan.

Devisa hasil ekspor itu disetor ke BI melalui 6 bank yang ditetapkan sebagai peserta. Ia mengatakan realisasi parkir DHE itu  cukup baik.

"Ini tentunya perkembangan yang cukup baik, sehingga ke depan kami cukup optimis. Dengan selesainya masa konsolidasi, baik dari perbankan maupun eksportir, tentu kita akan melihat ke depannya nilai akan semakin meningkat," katanya di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (18/3).

Ia menambahkan sejatinya, sudah ada 20 bank yang ditetapkan BI sebagai peserta TD Valas DHE. Ada Bank Himbara, kecuali Bank Tabungan Negara (BTN), bank swasta nasional, hingga beberapa kantor cabang bank asing.

BI menyebut jumlah peserta operasi moneter ini bakal bertambah dan dievaluasi berkala.

Kebijakan parkir DHE  sebelumnya diumumkan Gubernur BI Perry Warjiyo hadir dalam tiga tenor, yakni satu, tiga, dan enam bulan. Perry menegaskan kebijakan ini disiapkan untuk mendukung ekonomi Indonesia, khususnya dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut kebijakan parkir DHE diharapkan membantu perbankan memupuk devisa. Nantinya, hal tersebut bisa digunakan untuk menopang pembayaran utang luar negeri pemerintah, terutama yang jatuh tempo tahun ini.



Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com