20 Jul 2017

Pemerintah Terbitkan SUN Global dan Euro Bersamaan

News 629 views
Minggu ini Pemerintah RI menerbitkan surat utang negara (SUN) dalam dua valuta sing (dual currency) yaitu denomasi dolar AS serta EUro. Masing-masing memiliki nilai sebesar dua miliar dolar AS dan satu miliar Euro. Transaksi jual-beli telah dilakukan sejak 11 Juli 2017.

Kementerian Keuangan menjelaskan bahwa penerbitan surat utang negara Global Bonds dan Euro Bonds dilakukan secara bersamaan ini merupakan hal pertama kali di lakukan oleh negara Asia Tenggara dalam 10 tahun terakhir.

Seri SUN yang diterbitkan oleh Global Bonds adalah seri RI0727 dan RI0747 yang masing-masing memiliki nominal sebesar satu miliar dolar AS. Seri RI0727 memiliki tenor 10 tahun dengan tanggal jatuh tempo pada 18 Juli 2027 dan tingkat kupon 3,85%. Sementara seri RI0747 memiliki tenor sepanjang 30 tahun dengan tanggal jatuh tempo pada 18 Juli 2047 dan tingka kupon 4,75%

SUN yang lain yaitu, seri yang EURO Bonds terbitkan merupakan seri RIEUR0724 yang memiliki tenor tujuh tahun dengan tanggal jatuh tempo pada 18 Juli 2024 dan tingkat kupon 2,15%.

Distribusi penjualan untuk seri RI0727 paling banyak untuk kawasan Amerika Serikat (AS) sebesar 38 persen, diikuti Asia kecuali Indonesia 25%, Eropa 22% dan Indonesia 15%. Sedangkan, Distribusi penjualan untuk seri RI0747 paling banyak juga untuk kawasan AS sebesar 38 persen, diikuti Asia kecuali Indonesia 35,5%, Eropa 24% dan Indonesia 2,5%. Sementara itu, distribusi penjualan untuk seri RIEUR0724 paling banyak untuk kawasan Asia kecuali Indonesia 17 persen, Inggris Raya 16 persen, Jerman dan Eropa lainnya masing-masing 13 persen, AS 11%, Indonesia 10%, Swiss 8%, Italia 7% dan Perancis 5%.

Ketiga seri obligasi ini memiliki porsi investor terbesar pada asset manager atau fund manager dengan rata-rata kepemilikan mencapai >50%. Pada kesempatan kali ini, penerbitan EURO Bonds mencatatkan kupon dan imbal dengan hasil terendah sepanjang penerbitan SUN pemerintah RI dalam denominasi Euro.

Pada penerbitan Global Bonds tercatat selisih (spread) paling ketat yaitu sebesar 90bps untuk tenor 10 dan 30 tahun. Hal ini dilihat sebagai aktivitas terketat diantara penerbit surat utang yang berdenominasi valas dari kelompok negara berkembang. Dalalm orderbook, pemerintah dapat menarik minat dalam jumlah besar dari berbagai investor berkualitas termasuk investor tradisional Eropa dengan total penawaran masing-masing mencapai 7,3 miliar dolar AS dan 4,3 miliar Euro.

Bila dilihat dari data tersebut, penerbitan kali ini dilakukan pada momen tepat dimana kondisi pasar yang sedang cepat berubah. Sehingga mampu mencapai efisiensi penetapan harga yang optimal untuk semua seri. Pemerintah telah mampu meraih momentum, sebelum adanya potensi kebijakan yang akan dikeluarkan Bank Sentral AS (The Fed) dan Bank Sentral Eropa (ECB) pada setengah tahun ke depan.  Tiga seri SUN valas tersebut yang akan dicatatkan pada Singapore Stock Exchange dan Frankfurt Stock Exchange ini telah memperoleh peringkat Baa3 dari Moodys dan BBB- dari Fitch. 

Lalu, Joint Lead Managers dan Joint Bookrunners dalam transaksi surat utang ini adalah BNP Paribas, Citigroup, Deutsche Bank dan Goldman Sachs (Singapore) Ltd. Bertindak sebagai co-Managers adalah PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk

__
Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com