04 Oct 2021

Mau Beli Surat Utang Pemerintah? Minimal Pesan Rp 1 Juta, Kupon 4,95%

News 20 views

Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menerbitkan instrumen obligasi negara ritel (ORI) seri 020 atau yang disingkat ORI020. Pembelian surat utang negara ini bisa dilakukan secara online melalui e-SBN.
Masa penawaran ORI020 dibuka mulai hari ini pukul 09.00 WIB dan ditutup pada 21 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB. Kupon ORI020 ditetapkan 4,95% fixed rate atau kupon tetap.

"Mulai hari ini pemerintah kembali menawarkan produk SBN ritel yaitu Obligasi Negara Ritel seri ORI020. ORI020 merupakan instrumen SBN ritel terakhir di 2021 dengan masa penawaran pada 4 (Oktober) hingga 21 Oktober 2021," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman dalam Launching ORI020 secara virtual, Senin (4/10/2021).

Bentuk dan karakteristik ORI020 adalah obligasi negara tanpa wakaf, dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik atau lokal yang mengacu pada digit kode nomor tunggal identitas pemodal atau single investor identification (SID). Mengenai biaya pemesanan, pemerintah menetapkan minimal pembelian Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Luky menjelaskan penerbitan ORI020 ini merupakan upaya pemerintah memenuhi target kebutuhan pembiayaan negara di tahun 2021. Dengan begini masyarakat dapat berpartisipasi dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional akibat dampak pandemi COVID-19.

"Masyarakat selain mendapatkan keuntungan investasi, tapi juga sekaligus ikut berpartisipasi dalam membangun negeri. Berbeda dengan instrumen investasi lainnya, ORI020 adalah pilihan instrumen investasi yang manfaatnya tidak hanya akan dirasakan untuk diri sendiri, tapi juga untuk masyarakat Indonesia secara bersama," tuturnya.

Proses pemesanan pembelian ORI020 dilakukan secara online, setidaknya melalui empat tahap yaitu registrasi atau mendaftar, pemesanan, pembayaran, dan settlement atau konfirmasi. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan mitra distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.
Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ORI020 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 27 mitra distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik yaitu:

PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Kemudian, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Mega Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank DBS Indonesia, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank UOB Indonesia, PT Bank Commonwealth, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Victoria International Tbk.

Bisa juga melalui perusahaan efek, yaitu Trimegah Sekuritas Indonesia, BRI Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Selanjutnya melalui perusahaan financial technology yaitu Bareksa, Investree, FUNDtastic+, Tanamduit, Koinworks, dan Modalku.


Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com