25 Jul 2016

Kurangi Keborosan Dengan Hal Kecil Ini

News 539 views
Dalam hidup, kita selalu bermimpi untuk dapat menjadi seseorang yang mapan. Ditambah sedari kecil sudah diajarkan bahwa hemat pangkal kaya, jadi menabung itu sangatlah penting untuk perekonomian hidup kita. Tapi bagaimana caranya menabung, bila uang yang kita miliki selalu saja habis? Mungkin ada yang salah dengan hidup kita.
Perhatikan hal kecil yang biasa anda lakukan, apakah anda termasuk yang melakukannya? Bila iya, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

1. Kurangi Merokok
Anda perokok? Hitung dalam sehari anda membeli berapa bungkus rokok? Standarnya satu buah bungkus rokok seharga Rp. 18.000. Dalam satu bulan rata-rata mempunyai 30 hari. Rp. 18.000 x 30 = Rp. 540.000. Dan bila anda merokok sehari 2 bungkus, jumlah tersebut kali kan 2. Kalau anda mempunyai pendapatan Rp. 4.000.000/bulan, sama saja sekitar 12% penghasilan anda terbuang percuma.

2. Jalan Kaki Lebih Sehat
Anda mempunyai bobot berlebih? Anda bekerja atau mempunyai kegiatan yang hanya menggunakan otak dan di balik meja? Sekarang saatnya untuk menggerakan tubuh. Rubah kemalasan yang tiap hari dilakukan. Misalnya, bila anda biasa ke warung atau minimarket menggunakan motor, mulailah dengan berjalan kaki. Selain berdampak pada kesehatan, kita juga mengurangi pengeluaran untuk bahan bakar dan biaya parkir.

3. Lakukan Sendiri
Anda memiliki pola pikir tidak ingin menyulitkan diri sendiri, sehingga apa yang anda inginkan lebih baik ditangani orang yang biasa melakukannya dan kita akan terima beres? Seperti menggunakan jasa calo? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan tersebut. Pertama, agar kita mengetahui cara kerja yang sistematis, kedua adalah tidak dibohongi oleh calo itu sendiri, ketiga adalah mengurangi pengeluaran untuk membayar calo tersebut, dan dapat di tabungkan setelahnya.

4. Kurangi Pemakaian Listrik
Dengan mengurangi pemakaian listrik, kita bisa menggunakan pengeluaran yang seharusnya untuk membayar listrik tersebut, menjadi kebutuhan kita yang lainnya. Selain itu, kita dapat mengurangi dampak dari efek rumah kaca dari peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik.

5. Makanan Rumah Lebih Nikmat
Masih ingatkah bagaimana perjuangan ibu kita dulu bangun pagi untuk membuat sarapan dan bekal makanan untuk kita di sekolah? Dan setiap makanan yang dibuatnya, pasti akan terasa nikmat. Jadi, sekarang lebih baik kita menjalani rutinitas tersebut. Selain kita dapat menyantap makan siang sesuka kita, kita juga dapat menyimpan uang kita yang untuk makan siang di luar tersebut.

6. Bersenang-senang Dalam Kesepian
Maksudnya disini adalah, saat kita penat dengan rutinitas kita, kita akan mencoba untuk mengalihkan perhatian kita dari rutinitas tersebut atau biasa disebut dengan liburan. Dan tak ayal, memiliki liburannya yang tidak mengganggu rutinitas tersebut. Tidak salah memang, tapi bila memang bisa, kenapa tidak menggunakan weekday untuk berlibur? Selain tempat liburan yang kita datangi akan lebih sepi, biaya perjalanan pun akan lebih murah dibandingkan weekend.
Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com