27 Jul 2022

IMF Sebut Peluang AS Lolos dari Jerat Resesi Ekonomi Tipis

News 23 views

Jakarta, CNN Indonesia -- IMF menyebut Amerika Serikat hanya memiliki peluang tipis untuk bisa terhindar dari ancaman resesi ekonomi yang mengintai Negeri Paman Sam itu beberapa waktu belakangan ini.
Pasalnya, banyak risiko yang dihadapi AS yang membuat resesi ekonomi susah dihindari.

"Ini jalan yang sangat sempit. Lingkungan saat ini menunjukkan bahwa kemungkinan ekonomi AS dapat menghindari resesi sebenarnya cukup sempit," kata kepala ekonom IMF Pierre-Olivier Gourinchas seperti dikutip dari AFP, Selasa (26/7). 

Tak hanya soal resesi AS, dalam proyeksi terbarunya, IMF memangkas perkiraan pertumbuhan untuk Amerika Serikat menjadi 2,3 persen tahun ini.

Proyeksi itu, 1,4 poin persentase lebih rendah dari perkiraan April. Tak hanya itu, mereka juga memproyeksikan ekonomi AS melambat lebih lanjut tahun depan dengan pertumbuhan hanya 1 persen.

Perlambatan ekonomi dipicu lonjakan inflasi yang melanda Negeri Paman Sam tersebut. Tercatat, inflasi AS melonjak jadi 9,1 persen pada Juni kemarin.

Inflasi itu merupakan yang tertinggi dalam 40 tahun terakhir. Untuk meredakan inflasi itu, bank sentral AS telah menaikkan suku bunga secara agresif.

Tapi kebijakan itu memperlambat aktivitas ekonomi.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com