09 Jun 2016

Definisi Dan Macam Kurs Secara Singkat

News 2191 views

Dapat dikatakan, bahwa definisi kurs atau exchange rate adalah harga mata uang dalam suatu negara yang diukur dari mata uang negara lainnya. Atau harafiahnya, nilai tukar mata uang yang menghadapi situasi negara. Menurut ahli, pertukaran antara dua mata uang yang berbeda, maka akan mendapat perbandingan nilai/harga antara kedua mata uang tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh Nopirin pada bukunya yang berjudul ‘Ekonomi Moneter’ pada tahun 1996.

 

MACAM – MACAM KURS

Valuta  asing  atau  mata  uang  asing  adalah  alat  pembayaran  luar  negeri. Contohnya bila mengimpor mobil dari Inggris, kita dapat membayarnya dengan poundsterling. Poundsterling merupakan valuta asing. Apabila membutuhkan valuta asing, kita  harus  menukarkan  rupiah,  dengan  uang  asing  yang  kita  butuhkan. Perbandingan nilai mata uang asing dengan mata uang dalam negeri disebut  kurs.  Adapun  macam-macam kurs  yang  sering  kamu  temui  di  bank atau  tempat  penukaran  uang  asing  (money  changer),  di  antaranya  sebagai berikut:

 

<!--[if !supportLists]-->1.    <!--[endif]-->Kurs  beli, adalah kurs  yang  digunakan  apabila  bank atau  money  changer membeli valuta asing, atau apabila kita akan menukarkan valuta asing yang kita miliki, dengan rupiah. Atau dapat diartikan juga sebagai kurs yang diberlakukan bank jika melakukan pembelian mata uang valuta asing.

<!--[if !supportLists]-->2.    <!--[endif]-->Kurs  jual, adalah kurs  yang  digunakan  apabila  bank atau  money  changer menjual  valuta  asing  atau apabila kita  akan  menukarkan  rupiah  dengan valuta asing yang kita butuhkan. Atau dapat disingkat kurs jual adalah harga jual mata uang valuta asing oleh bank atau money changer.

<!--[if !supportLists]-->3.    <!--[endif]-->Kurs tengah, adalah kurs antara kurs jual dan  kurs beli  (penjumlahan kurs beli dan kurs jual yang dibagi dua).

 

Sederhananya, kurs mata uang asing, atau biasa disebut kurs valuta asing adalah rasio nilai antara suatu mata uang dengan mata uang lainnya. Artinya, kurs menunjukkan perbandingan nilai antara dua mata uang yang berbeda. Kurs adalah nilai suatu mata uang jika dipertukarkan dengan mata uang lain. Artinya nilai suatu mata uang ditentukan oleh nilai tukar mata uang tersebut terhadap mata uang lainnya. Kurs adalah harga mata uang suatu negara yang dinyatakan dengan mata uang negara lain. Artinya kurs menyatakan harga suatu mata uang jika diperjualbelikan dengan mata uang lain.

Kurs jual juga selalu lebih tinggi daripada kurs beli. Selisih antara kurs jual dan kurs beli ini disebut sebagai Spread. Spread adalah selisih antara harga jual dan beli yang merupakan komponen dari biaya transaksi. Selisih kurs ini adalah keuntungan bagi pihak Bank atau Dealer yang diperoleh dari setiap transaksi mata uang asing.

Material Download
Helpdesk
+62212525 483 sekretariat@himdasun.or.id