25 Jul 2016

Cara Cermat Mengatur Gaji

News 298 views
Betapa menyenangkan saat akhir bulan datang, terlebih saat gajian tiba. Dan secara manusiawi, saat memiliki uang lebih, jiwa konsumtif pun akan semakin tumbuh. Karena itu, tanpa sadar kita menghabiskan uang lebih untuk sesuatu yang kita anggap butuh, tapi sebenarnya itu hanya keinginan yang dapat di sampingkan. Alhasil, belum tengah bulan, tabungan kita sudah menipis dan harus rela hidup dengan keadaan pas-pas-as karena tidak cermat mengatur pengeluaran gaji.
Sudah saatnya berubah, sudah saatnya hidup lebih hemat untuk masa depan. Khususnya anak muda yang sudah memikirkan masa depan ke jenjang selanjutnya. Karena bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga keluarga yang akan kita urus nantinya, termasuk pendidikan anak. Sebelum terseret lebih jauh dalam kesulitan ekonomi yang kita buat sendiri saat ini, lebih baik kita persiapkan sedini mungkin.
Ini beberapa cara cermat mengatur gaji yang dapat dilakukan:

1. Niatkan Dalam Hati
Niat adalah awal segalanya. Ini adalah dasar kita untuk dapat melakukan apa yang kita hendaki. Bukan hanya untuk menabung, tapi untuk semua dalam hidup kita.

2. Catat Pengeluaran Harian
Setiap anda belanja, simpan semua struknya. Karena akan membantu anda mengetahui kemana saja uang yang dikeluarkan, selain itu juga dapat dianalisa barang-barang apa saja yang memang dibutuhkan, ataupun tidak.

3. Cari Cara Memperkecilnya
Mengakali cara pengeluaran kita dalam hal apapun. Contohnya mencari tempat tinggal yang dekat dengan kantor, atau bisa juga dengan mengurangi jajan diluar dengan cara membawa makan siang dari rumah, akan mempengaruhi besar pengeluaran bulanan.

4. Lunasi Hutang
Bila punya hutang, lunasi segera. Apapun alasannya, dan pada siapapun. Karena itu akan menjadi boomerang saat tidak memiliki cukup uang untuk mengembalikannya, namun sudah ditagih untuk membayarnya. Selain untuk mengatur keuangan, ini juga cara menjauhi diri dari masalah.

5. Hitung Pengeluaran Pasti Bulanan
Kalkulasikan semuanya, jangan ada yang tersisa. Bandingkan dengan gaji yang didapat, bila berbanding sudah jelas pengeluarannya juga harus dirapihkan. Karena dari sini, dapat mengjarkan kita seberapa boros hidup yang kita jalani?

6. Gunakan Rekening dan Tabungan Bentuk
Sudah punya rekening di bank? Belum cukup. Miliki juga tabungan dari tanah liat ataupun yang terbuat dari kaleng. Karena saat kita sampai kerumah, sisa kembalian yang ada di saku celana, dapat membantu mengumpulkan uang kecil kita dan ada didepam mata..

7. Bijaksana Menggunakan Kartu Kredit
Disini tidak disarankan menggunakan kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari. Karena dapat merusak aturan keuangan, alasan lainnya adalah agar tidak menyusahkan diri sendiri saat ada tagihan kartu kredit

8. Investasi
Siapa bilang investasi itu butuh modal besar? Tanpa kita sadar, arisan juga bisa disebut investasi. Tapi ada juga yang lebih realistis, yaitu dengan join venture dengan kawan yang berwira swasta. Atau bisa kita gunakan bank yang memiliki sistem deposito ataupun giro. Selain dapat menjaga uang, kita juga bisa menikmati bunga yang bank berikan.

9. Perbandingkan Tiap Bulan
Perbandingan tiap bulan dibutuhkan, karena kita dapat melihat apakah kita berhasil me-manage dengan baik atau belum. Disamping itu kita dapat memantau apa saja yang perlu kita beli dan tidak.

Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com