30 Aug 2019

Aliran Modal Asing Tambah Rp3,2 Triliun, BI: Kepercayaan Investor Semakin Baik

News 534 views
Bank Indonesia (BI) kepercayaan investor semakin baik. Hal ini sejalan dengan meningkatnya aliran modal asing masuk ke Indonesia (capital inflow) yang mencapai Rp180,7 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari dana asing yang mengalir di pasar Surat Berharga Negara (SBN) dan portofolio saham.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, kredit premi risiko yang diukur dengan credit default swap juga mengalami penurunan sejak lima tahun lalu. Pada pekan ini turun juga 90,4 basis poin (bps) atau lebih rendah 0,90 bps pekan sebelumnya yang sebesar 91,9 bps.


"Ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap Indonesia semakin baik,"  ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Dia menjelaskan, dana asing itu terdiri dari yang masuk di Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp118,9 triliun dan ke saham sebesar Rp60,7 triliun. Menurutnya, angka ini mengalami peningkatan dibandingkan modal asing yang masuk pekan lalu.

"Ini menujukkan bahwa seminggu ini ada kenaikan aliran modal asing totalnya Rp3,2 triliun, di mana memang ke SBN sebesar Rp4,1 triliun," jelas dia.

Summer : okezone.com
Material Download
Helpdesk
021 5227674 sekretariat.himdasun@gmail.com